WELCOME! Salam Sejahtera! Senang sekali mendapat kunjungan dari Anda. Berikan komentar Anda di akhir setiap posting (klik link: write your comment here!), komentar Anda sangat berharga bagi saya. Terima Kasih. Please Enjoy...

HOT Search

HOT Translate

WAITING FOR SUPERMAN

>> Tuesday, February 22, 2011

Saya tidak menyangka film ini akan begitu menginspirasi saya! Sebuah film dokumenter garapan sutradara Davis Guggenheim ini memenangi penghargaan film dokumenter terbaik versi Sundance Festival. Ia juga menggarap film dokumenter terkenal An Inconvinient truth yang dibintangi Al Gore dan merupakan pemenang Academiy Award di beberapa film yang dibuatnya.

Waiting for Superman (2010) berkisah mengenai 'orang-orang super' dalam dunia pendidikan di Amerika. Mereka adalah para guru, kepala sekolah dan pengawas (supervisor) yang berusaha membangkitkan kembali kualitas pendidikan di negaranya yang seadng terpuruk.

Amerika, dalam beberapa tahun belakangan mengalami penurunan kualitas pendidikan, khususnya di tingkat sekolah dasar dan menengah. Hal ini sangat dikuatirkan oleh para pengusaha, salah satunya adalah Bill Gates. dalam 20 tahun ke depan, negara ini akan lebih banyak mengimpor tenaga kerja dari luar Amerika bila kualitas pendidikan di sekolah tidak diperbaiki. Sekolah negeri di sana saat ini cenderung menjadi 'drop out factory', mengalami penurunan rata-rata keterampilan membaca dan matematika serta para guru 'tenure' yang tidak bisa dipecat walau kinerjanya menggenaskan.

Film ini berusaha menggugah para politisi, pemangku kepentingan dan juga orang tua di Amerika bahwa harus ada keputusan radikal untuk menyelamatkan masa depan anak-anak Amerika.

Indonesia perlu mencontoh semangat untuk mengubah atau merancang kebijakan-kebijakan pendidikannya dari film ini. Kelima orang yang dijadikan contoh dalam film ini, telah melawan arus dengan konsisten dan memperoleh hasil yang menakjubkan. Ini adalah tontonan wajib bagi setiap orang yang terlibat dalam dunia pendidikan di Indonesia! Negara ini menantikan Gatotkaca modern untuk menyelamatkan dunia pendidikan...

2 write(s) COMMENT(S) here!:

Lia Nugraha February 23, 2011 at 11:04 AM  

Seems like an interesting movie... Where can I get it? Or will we watch it on DTI? :-)

lisa mont March 6, 2011 at 11:52 AM  

good idea, ms. lia
sir, can you make it possible for us