WELCOME! Salam Sejahtera! Senang sekali mendapat kunjungan dari Anda. Berikan komentar Anda di akhir setiap posting (klik link: write your comment here!), komentar Anda sangat berharga bagi saya. Terima Kasih. Please Enjoy...

HOT Search

Loading...

HOT Translate

Study To Be Unemployed?

>> Monday, September 6, 2010

Selamat kepada 8000-an lulusan Universitas Indonesia yang baru saja diwisuda minggu lalu(26/08/2010). Indonesia telah meluluskan puluhan bahkan ratusan ribu mahasiswa yang (seharusnya) siap digelontorkan ke lapangan kerja. Sayangnya, meurut situs dikti.org, terdapat 60% dari lulusan yang menganggur!

Sedangkan ketua Kadin Jatim menyatakan :

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur Erlangga Satriagung di Surabaya, Rabu (14/1) mengatakan, lapangan kerja rata-rata hanya menyerap 37 persen lulusan perguruan tinggi. Bahkan, beberapa tahun ke depan diperkirakan daya serap itu menurun karena pengaruh resesi. (portalhr.com)

Telah banyak wacana dan diskusi yang melontarkan ide-ide yang sangat baik untuk meningkatkan daya serap dunia kerja. Namun, hingga saat ini belum ada perubahan signifikan pada para lulusan di bangsa ini. Kebanyakan dari mereka harus termangu dalam perjuangannya mencari pekerjaan.


Apakah hal ini berarti sistem pendidikan di Indonesia telah mengalami kegagalan? Inilah pertanyaan yang sedang saya renungkan, karena saya juga berada dalam sistem ini. Bagaimana opini Anda?

1 write(s) COMMENT(S) here!:

Burukutuk September 19, 2010 at 10:18 AM  

Iya memang begitu, tergantung dari muridnya sendiri sih. Btw, pak Guru, saya lulusan s1 tetapi saya bisnis online PTC. Mungkin pak Guru tertarik juga, coba click nama saya sudah saya link ke artikel bisnis online yang oke.