WELCOME! Salam Sejahtera! Senang sekali mendapat kunjungan dari Anda. Berikan komentar Anda di akhir setiap posting (klik link: write your comment here!), komentar Anda sangat berharga bagi saya. Terima Kasih. Please Enjoy...

HOT Search

Loading...

HOT Translate

Esemka, Indonesian Students-made Car

>> Tuesday, January 10, 2012

Berawal dari seorang Sukiyat yang peduli dengan pendidikan, SMKN 1 Kediri di Jawa Tengah kini menjadi buah bibir di media-media nasional. Keberhasilan siswa merakit mobil yang 80%-nya adalah komponen lokal telah mempengaruhi paradigma para pengambil keputusan di pemerintahan.

Sebuah media bahkan mempertanyakan mengapa Badan Riset Negara yang dibiayai triliunan rupiah selama bertahun-tahun tidak mampu melakukan sedikitpun dari apa yang telah dilakukan para siswa SMK itu. Di lain pihak, para politisi tengah mencari celah untuk menguntungkan dirinya dalam situasi ini, dari memberikan komentar hingga memakai mobil yang diberi nama Kiat Esemka ini. Kementrian pendidikan pun tidak kalah heboh 'merawat' prestasi sekolah ini.

Sebenarnya ini adalah sebuah fakta dimana siswa, khususnya siswa SMK tidak bisa disepelekan. Dengan suntikan motivasi, keterampilan dan kesempatan mereka mampu membuktikan bahwa bangsa Indonesia seharusnya bisa lebih maju teknologinya dari yang sekarang ini. Lalu apa yang salah selama ini, sehingga para pakar di negeri ini dipaksa untuk mengakui keunggulan dan keuletan para siswa SMK untuk membuat mobil? Kemana para insinyur atau pengusaha terbaik negeri ini, yang masih termehek-mehek dengan produk luar? Produksi Esemka ini seharusnya menjadi tamparan keras bagi dunia pendidikan, teknologi dan industri Indonesia. Sudah saatnya Indonesia mengedepankan alih teknologi dan alih keterampilan untuk mewujdkan produk-produk kebanggaan nasional.

Topi juga perlu diangkat kepada Bapak Sukiyat yang berkorban dan peduli untuk memajukan keterampilan siswa SMK ini. Perannya sebagai komite sekolah yang dijalankan dengan efektif telah menghasilkan buah yang manis yang akan menjadi awal kemajuan teknologi di Indonesia.

0 write(s) COMMENT(S) here!: