WELCOME! Salam Sejahtera! Senang sekali mendapat kunjungan dari Anda. Berikan komentar Anda di akhir setiap posting (klik link: write your comment here!), komentar Anda sangat berharga bagi saya. Terima Kasih. Please Enjoy...

HOT Search

Loading...

HOT Translate

Reading Read Aloud Handbook

>> Monday, January 25, 2010

Inspirasional!

Sebuah kata yang bisa saya rangkum dari buku international best-seller: Read-Aloud Handbook yang ditulis oleh Jim Trelease. Buku yang sedang saya baca ini memberikan pencerahan kepada masyarakat, khususnya orangtua dan guru mengenai betapa pentingnya menularkan minat baca dan memulai kegitan membaca pada anak sedini mungkin. Saya pikir buku ini wajib dibaca oleh pada pendidik di bangsa ini, mulai dari para politisi hingga para orangtua dan guru di pelosok tanah air.

Saya teringat dengan tulisan saya tahun lalu: Dad, read me Cinderella dan National Reading Movement. Buku ini seakan menyulutkan bara yang mulai padam dalam diri saya untuk melakukan sesuatu pada anak-anak di negeri ini: membacakan mereka buku!

beberapa kutipan favorit saya dalam buku ini adalah sebagai berikut:

"...membaca adalah jantungnya pendidikan. Membaca adalah hal yang terpenting. Pengetahuan dari hampir semua mata pelajaran di sekolah mengalir dari membaca. Orang harus mampu membaca soal cerita dalam pelajaran matematika untuk bica memahaminya. Kalau Anda tidak bisa memahami bab tentang ilmu alam atau ilmu sosial, Anda tidak dapat menjawab pertanyaan di akhir bab itu. Manual komputer harus dibaca, bukan hanya dipandangi."

"Semakin banyak Anda membaca, semakin bagus Anda dalam hal ini; semakin baik Anda membaca, semakin Anda suka membaca; dan semakin Anda suka membaca semakin sering Anda melakukan ini."

"Semakin banyak yang Anda baca, semkin banyak yang Anda tahu; semakin banyak yang Anda tahu, semakin cerdas Anda jadinya."

"...anak-anak dari tingkat sosial ekonomi yang lebih rendah lebih mungkin mulasi bersekolah dengan kosakata yang lebih sedikit (tertinggal 12 sampai 14 bulan) dan mereka jarang mampu mengejar ketinggalan ini ketika mereka tumbuh dewasa."

"Bukannya banyak mainan yang ada di rumahlah yang membuat perbedaan dalam kehidupan anak-anak ini, melainkan perbendaharaan kata-kata. Hal yang paling murah yang bisa kita berikan kepada seorang anak selain pelukan ternyata menjadi hal yang paling berharga: kata-kata."


Masih banyak fakta, data statistik, bukti sejarah dan hasil penelitian yang diungkapkan di buku ini. semuanya merujuk pada satu hal, yaitu membaca buuk dan membacakan buku pada anak adalah hal yang penting yang bisa dilakukan seseorang dalam meyokong kesuksesan hidupnya.

Ayo membaca dan membacakan buku!

0 write(s) COMMENT(S) here!: