WELCOME! Salam Sejahtera! Senang sekali mendapat kunjungan dari Anda. Berikan komentar Anda di akhir setiap posting (klik link: write your comment here!), komentar Anda sangat berharga bagi saya. Terima Kasih. Please Enjoy...

HOT Search

HOT Translate

A Great Historic Achievement...

>> Saturday, January 17, 2009

Berita mengejutkan datang dari teman saya, ini tentang hasil UN 2008 lalu. Seluruh siswa kami memang tidak ada yang gagal. Semua lulus denagn nilai yang baik dan kami bersyukur atasnya. Hanya saja, apa yang tentang teman saya katakan ini sangat mengejutkan dan membuat hati saya bercampur antara tidak percaya, kesal, kagum dan penasaran...

Merujuk kepada website puspendik ( http://www.puspendik.com/ebtanas/hasil2008/peringkat08/index.htm), sekolah kami berada dalam peringkat 30 dari 53 sekolah se-Kabupaten Bekasi untuk program IPA, sedangkan program IPS, kami berada di peringkat 34. Hal ini tidak menjadi persoalan bagi kami, mengingat berapa pun peringkat yang kami peroleh, semua itu berdasarkan kejujuran dan kerja keras dari para siswa dalam mengerjakan soal dan integritas sekolah yang terjamin dalam penyelenggaraannya. Karena dengan tegas sekolah kami selalu mengedepankan integritas dalam mencapai hasil belajar bagi siswa-siswa kami.

Sekolah kami mungkin bukan yang terbaik di Kabupaten Bekasi, mengingat belum ada lembaga survey untuk me-rating sekolah kami. Namun saya kaget dengan lima besar yang berada di kabupaten Bekasi. Karena sepanjang pengamatan saya hanya ada beberapa sekolah yang 'layak' menyandang lima besar tersebut. Bahkan yang membuat saya heran adalah peringkat satunya merupakan enam besar sekolah bernilai UN tertinggi secara nasional (untuk program IPS)! Mengalahkan sebagian besar sekolah-sekolah terbaik di negeri ini, seperti BPK Penabur, Regina Pacis, SMAN 78, SMAN 80, Kanisius, dll. Terus terang saya sangat kagum dengan pencapaian nilai UN di sekolah tersebut, yang notabene berada di pelosok Kabupaten Bekasi. Sepertinya saya harus belajar banyak dari sekolah tersebut, khususnya tentang bagaimana mereka mempersiapkan siswa-siswanya dalam menghadapi UN. Pertanyaan besar saya, siapa orang-orang besar atau alumni dari sekolah tersebut yang telah menunjukkan kualitas yang sejalan dengan hasil UN itu?

Jika usaha sekolah tersebut merupakan upaya sistematis dan oleh karena input dan mutu siswa yang memang sangat baik, haruslah tentunya Kabupaten Bekasi berbangga, karena di Bekasi ada salah satu sekolah terbaik di negeri ini. Karena untuk mencapai enam besar, setidaknya nilai rata-rata hasil UN untuk program IPS di sekolah itu sebagian besar diatas 90. Tentunya saya telah kehilangan berita bersejarah ini... Satu kali nanti saya sanat ingin melihat secara langsung sekolah ini dan proses pembelajarannya.

0 write(s) COMMENT(S) here!: