WELCOME! Salam Sejahtera! Senang sekali mendapat kunjungan dari Anda. Berikan komentar Anda di akhir setiap posting (klik link: write your comment here!), komentar Anda sangat berharga bagi saya. Terima Kasih. Please Enjoy...

HOT Search

HOT Translate

My Limp Eye Glasses

>> Tuesday, May 12, 2009

Memasuki hari-hari terakhir mengajar kepala saya semakin pusing. Beberapa ujian siswa masih teronggok di depan meja saya, menanti untuk diperiksa. Beberapa pekerjaan administrasi lainnya masih menunggu: memasukkan nilai ke daftar nilai siswa, membuat ujian akhir semester, menyiapkan rencana pengajaran untuk beberapa minggu ke depan, membuat materi pembelajaran, dll.

Hal bertambah ruwet dengan patahnya tangkai kacamata saya. Secara pribadi saya tidak memiliki masalah, ini hanya masalah kenyamanan saja. Tetapi saya harus berdiri dan lalu lalang di hadapan ratusan siswa dan rekan sekerja yang terkadang melihat saya dengan wajah heran, ini yang membuat saya terganggu. Belum lagi saat di rumah, kedekatan kami antar tetangga membuat 'kecacatan' penampilan saya menjadi semakin populer. Sabtu lalu, saya dan isteri menyempatkan diri untuk pergi ke toko optik dan membuat kacamata baru. Syukur kepada Tuhan, saya mendapatkan yang terbaik dengan harga yang relatif murah. Dengan membayar DP terlebih dahulu kami dijanjikan untuk mengambil kacamata dalam waktu seminggu.

Tanpa kacamata saya tidak dapat bekerja dengan efektif, namun dengan kacamata yang 'tidak lengkap' ini juga saya tidak dapat konsentrasi. Mengapa penampilan menjadi masalah? Menurut Harry K. Wong dalam bukunya The First Day Of School, penampilan adlah hal yang penting bagi seorang guru. Ia bahkan menuliskan satu bab khusus tentang bagaimana seorang guru harus berpakaian.

Ia menyatakan bahwa Anda tidak akan mendapatkan kesempatan kedua untuk membuat kesan pertama! Sebagaimana Anda berpakaian, demikian Anda akan dipandang dan sebagaimana Anda dipandang, demikianlah Anda akan diperlakukan. Roxette dalam lagunya di era 90-an mengatakan dengan tepat: Dressed for Success!

Dengan kata lain, siswa Anda akan memperlakukan Anda dengan baik, bilamana Anda juga bersikap dengan baik pada mereka. Dan hal ini dimulai dengan mengenakan pakaian yang tepat. Saya tentunya tidak perlu membicarakan dengan detil tentang pakaian apa yang cocok untuk mengajar. Prinsipnya adalah perlakukan diri Anda sendiri dengan memakai kacamata siswa. Guru seperti apa mereka bisa banggakan dalam hal berpakaian. Bandingkan dengan ini: Tidak ada pengemis jalanan berpakaian necis dan rapi. Tidak ada seorang perenang memakai pakaian yang menghalangi gerak tubuhnya. berpakaianlah sesuai dengan fungsi Anda sebagai guru. Berpakaianlah dengan pemikiran: Saya akan berhasil dalam mengajar anak-anak hari ini, seperti seorang salesman yang akan bertemu dengan klien terbesarnya.

Penampilan saya masih harus seperti ini setidaknya sampai seminggu ke depan. Terima Kasih Tuhan atas 'ujian' ini, saya belajar untuk menahan rasa malu...

0 write(s) COMMENT(S) here!: