WELCOME! Salam Sejahtera! Senang sekali mendapat kunjungan dari Anda. Berikan komentar Anda di akhir setiap posting (klik link: write your comment here!), komentar Anda sangat berharga bagi saya. Terima Kasih. Please Enjoy...

HOT Search

HOT Translate

I Learn When I Teach...

>> Wednesday, February 11, 2009

Ternyata guru tidak hanya harus pandai mengajarkan materi domainnya, tetapi mereka perlu menguasai, bagaimana mendidik karakter siswanya dan menguasai emosi dirinya.

Senin lalu dengan jelas saya meminta para siswa untuk membawa beberapa buku yang akan digunakan dalam acara book week dan sebuah foto diri mereka. Hingga saat ini ternyata tidak semua siswa melakukan tugasnya dengan baik. Di kelas 9 ada beberapa siswa yang tidak membawa buku. Hal ini membuat saya cukup marah, karena saya telah mengingatkan mereka berulang-ulang untuk membawa bukunya. Namun yang terburuk adalah ketika saya berhadapan dengan kelas 11. Hampir semua siswa tidak membawa perlengkapan yang saya minta. Hal ini membuat saya semakin 'panas'. Syukur kepada Tuhan, saya dimampukan untuk menguasai diri.

Saya sampaikan pada mereka bahwa saya kecewa degan sikap mereka. Hal berikutnya, saya menyatakan bahwa kejadian ini merefleksikan tingkat kedewasaan mereka dalam menerima tanggung jawab. Karena sebenarnya siswa kelas 11 telah mendapatkan satu hari ekstra untuk mereka bekerja, melengkapi tugas mereka. Namun mereka tidak melakukannya. Saya tandaskan bahwa mereka belum bisa menerima tanggungjawab yang lebhi besar dari sekedar membawa buku ysang saya minta.

Saya pikr, perkara ini lebih banyak mengajar saya dari pada siswa saya. Saya belajar untuk menguasai diri dan tidak emosional terhadap habit mereka. Saya juga belajar untuk menyampaikan teguran pada meerka dengan cara yang lebih 'manusiawi' namun tetap tepat sasaran.

Sekali lagi, tidak mudah menjadi guru.... Menegur itu bukan perkara mudah, apalagi menegur dengan menahan emosi...

nb. i love 10 graders, sebagian besar dari mereka melakukan apa yan saya minta...

0 write(s) COMMENT(S) here!: