WELCOME! Salam Sejahtera! Senang sekali mendapat kunjungan dari Anda. Berikan komentar Anda di akhir setiap posting (klik link: write your comment here!), komentar Anda sangat berharga bagi saya. Terima Kasih. Please Enjoy...

HOT Search

Loading...

HOT Translate

Parent Role...

>> Thursday, February 12, 2009

This is a great day...

Hari ini para siswa menggelar acara Valentine's Day. Mereka mengundang ortu untuk bisa mengekspresikan kasih sayang mereka. Memang sayang sekali orang tua yang hadir kuarng dari 10 pasang. Namun saat ada perwakilan dari ortu yang menyampaikan sedkit pesan-pesan mereka, saya memetik suatu hal yang berharga.

Ternyata ortu sangat concern sekali dengan masa depan anak-anaknya. Mereka lebih banyak berbicara mengenai nilai-nilai dalam kehidupan, karakter, tantangan hidup dan fondasi spiritual. Ini semakin meneguhkan hipotesa saya. Sekolah bukanlah tempat utama untuk mendidik karakter siswa, tetapi keluarga. Keluarga aadlah tempat membentuk, menggembleng dan membangun generasi muda yang kuat dan berakar dalam. Sekolah hanyalah pengkonfirmasi secara formal apa yang seharusnya dimiliki oleh seorang anak dan wadah pendidikan keterampilah dan pengetahuan.

Sekolah tidak bias dimintakan pertanggungjawabannya secara mutlak atas pendidikan karakter. Tetapi tuntutan itu harus diberikan kepada orang tua. tetapi sekolah secara mutlak harus bisa mempertanggungjawabkan segala keterampilan dan pengetahuan yang diajarkannya kepada siswa. Namun demikian peran sekolah dalam membina watak anak bukanlah tidak ada sama sekali. Ia juga penting, namun tidak semutlak peran orang tua, seperti yang tertera pada pernyataan berikut:

Didiklah anak pada jalan yang patut baginya, hingga pada masa tuanya pun ia tidak akan melenceng dari jalan itu.

0 write(s) COMMENT(S) here!: