WELCOME! Salam Sejahtera! Senang sekali mendapat kunjungan dari Anda. Berikan komentar Anda di akhir setiap posting (klik link: write your comment here!), komentar Anda sangat berharga bagi saya. Terima Kasih. Please Enjoy...

HOT Search

Loading...

HOT Translate

The Exams

>> Tuesday, March 17, 2009

Suatu pemandangan menarik terjadi kemarin saat saya mengawas Try-out untuk UN di kelas 12. pada saat itu mata ujiannya adalah Fisika. Sesaat saya memasuki ruangan, para siswa ada yang sedang berdiri, ada pula yang duduk sendiri dan duduk bersama temannya. Mereka dengan suara seperti lebah sedang mengulang rumus-rumus dan dalil-dalil fisika yang sudah mereka pelajari.

Mereka juga saling bertanya dan mengingatkan tentang rumus-rumus tertentu dan hukum-hukum fisika yang teringat oleh mereka. Mereka ingin memastikan bahwa tidak ada satu pun bagian pelajaran terlupakan. Hingga saya meminta mereka untuk meletakkan semua buku dan tas di barisan belakang, mereka tetap bergeming. Dengan lambat mereka menuju tempat yang ditentukan untuk meletakkan tas dan buku mereka sambil tetap melakukan hal yang sama. Bahkan setelah buku dan tas diletakkan dan mereka berada di kursi masing-masing, mereka masih tetap berceloteh tentang pelajaran tersebut.

Ini adalah fenomena menarik menjelang ujian. Setelah ujian biasanya mereka akan menertawakan pekerjaan mereka atau menggerutu karena soal yang sukar atau sekedar bertanya pada temannya apakah jawabannya benar.

Dalam kehidupan nyata, dimana ujian dan tantangan datang silih berganti ada baiknya kita perlu belajar melakukan hal yang sama seperti fenomena ujian para siswa. Ketika kita menghadapi ujian dan tantangan hidup, sebaiknya kita berada dalam komunitas yang kuat untuk saling menguatkan dan mengingatkan tentang nilai-nilai hidup. Kebersamaan dalam menghadapi ujian tidaklah bisa tergantikan oleh apapun. Kita dibuatnya lebih percaya diri. Setelah ujian terjadi, sebaiknya pun kita tidak meninggalkan komunitas kita untuk menertawakan persoalan yang telah berlalu, berbagi pada pasangan atau kawan bagaimana kita telah menempuhnya atau pun menggali sisi-sisi baik dari persoalan yang telah kita lewati itu.

Wise man never stands alone....
Orang bijaksana tidak pernah menyendiri...

0 write(s) COMMENT(S) here!: