WELCOME! Salam Sejahtera! Senang sekali mendapat kunjungan dari Anda. Berikan komentar Anda di akhir setiap posting (klik link: write your comment here!), komentar Anda sangat berharga bagi saya. Terima Kasih. Please Enjoy...

HOT Search

Loading...

HOT Translate

A Must Read Book for Christian Educator

>> Tuesday, March 17, 2009

Satu tulisan yang padat dan berisi tentang dasar dan fondasi pendidikan kristiani ini mengupas banyak hal mengenai bagaimana pendidikan secara umum bahkan ateis tidak dapat menjawab kebutuhan para anak didik dan bagaimana kekristenan menjawab kebutuhan itu secara utuh.

Satu hal menarik yang tertanam dalam benak saya setelah membaca buku ini adalah bahwa tidak ada pendidikan yang netral. Setiap pendidikan yang dijalankan berakar dari suatu fondasi filsafat dan akar prinsip-prinsip pendidikan tertentu. Sekolah negeri di Amerika cenderung berpaham liberalis-humanis, di Eropa juga mungkin demikian. Di China sekolah negerinya cenderung berpaham komunis-sosialis. Di Indonesia sendiri perpaduan antara agamis, otoriter dan sedikit humanis.

Sejarah telah membuktikan bahwa ada dua kutub yang terus menerus berperang hingga kini dalam domain pendidikan ini. Pendidikan berlatar kristiani dan humanis. Para peletak dasar lembaga pendidikan terkemuka saat ini berasal dari dua kutub tersebut: Harvard, Princeton, Yale, MIT, Stanford, Berkeley, dll.

Kumpulan essay dalam buku ini menyatakan bagaimana pendidikan kristen pada mulanya dan seharusnya dibangun. Apa pemikiran-pemikiran yang ditawarkan, baik dari sisi orientasi fundamental hingga apa peran dan tugas guru dalam kelas.

Buku ini layak menjadi bahan acuan para guru, administrator dan stake-holder dalam dunia pendidikan.

0 write(s) COMMENT(S) here!: