WELCOME! Salam Sejahtera! Senang sekali mendapat kunjungan dari Anda. Berikan komentar Anda di akhir setiap posting (klik link: write your comment here!), komentar Anda sangat berharga bagi saya. Terima Kasih. Please Enjoy...

HOT Search

Loading...

HOT Translate

I Not Stupid!

>> Monday, March 2, 2009

Terry Khoo, Liu Kok Pin dan Ang Boon Hock adalah tiga orang anak yang 'terperangkap' dalam level EM3, level terendah dalam status akademis di salah satu sekolah di Singapura. Terry adalah seoarng anak dari keluarga kaya, Kok Pin dari keluarga ekonomi menengah dan Boon Hock dari kelas yang bawah. Mereka bertiga mengalami tantangan dalam pendidikan dan pembelajaran mereka. Dengan kata lain, tergolong bodoh dari sisi akademik. Prestasi mereka cenderung dilihat hanya dari nilai akademik matematika dan bahasa inggrisnya. Mereka memiliki tantangan berat, baik di sekolah maupun di rumah. Mereka sering dilecehkan di sekolah karena 'kebodohan' mereka. Demikian juga di rumah, khususnya, Kok Pin mengalami kekerasan fisik oleh ibunya karena kelemahannya ini.

Jack Neo, sang sutradara, penulis naskah sekaligus salah seorang aktor dalam film ini telah membukakan satu hal penting dalam pendidikan: Tidak ada siswa yang bodoh!

Ketiga anak ini, di sisi lain, memiliki potensi yang tak terukur oleh sistem evaluasi sekolah. Terry adalah seorang yang amat patuh, polos dan rela berkorban. Kok Pin seorang yang terampil dalam menggambar dan Boon Hock adalah pekerja keras dan pemberani. Di sekolah memang mereka digolongkan menjadi anak-anak yang tidak berhasil, namun di luar pagar sekolah mereka adalah anak-anak yang berharga, karena kelebihan mereka itu. Seorang guru mereka melihat hal ini dan melejitkan potensi mereka.

Tidak ada siswa yang bodoh, demikian kata orang. Saya setuju akan hal ini. Hanya butuh sudut pandang yang berbeda, kesabaran dan tekun untuk memotivasi anak-anak yang lemah dalam sisi akademik. Mereka adalah ciptaan Tuhan, dan mereka diciptakan Tuhan untuk suatu tujuan. Guru adalah salah satu perpanjangan tangan Tuhan untuk melakukan hal ini.

0 write(s) COMMENT(S) here!: