WELCOME! Salam Sejahtera! Senang sekali mendapat kunjungan dari Anda. Berikan komentar Anda di akhir setiap posting (klik link: write your comment here!), komentar Anda sangat berharga bagi saya. Terima Kasih. Please Enjoy...

HOT Search

Loading...

HOT Translate

Final Exam...

>> Friday, December 5, 2008

Para siswa sedang menjalani Ujian Akhir Semester. Semua belajar. Saat mereka lalu lalang di selasar, tidak ada yang tidak membawa buku, kertas atau benda sejenis. Bahkan di kantin mereka tidak henti-hentinya berdiskusi tentang pelajaran yang akan diujikan atau membahas ujian yang baru saja mereka jalani.

Hal ini merupakan fenomena yang umum terjadi saat musim ujian berlangsung. Semua mempersiapkan diri. Semua mendiskusikan ujian sebelumnya. Terkadang terdengar penyesalan atas jawaban-jawaban yang salah atau sorak gembira atas jawaban-jawaban yang benar.

Namun, seringkali kehidupan mengajarkan hal yang lain. Ujian kehidupan datang seringkali tanpa pemberitahuan, tanpa persiapan dan seringkali berujung pada penyesalan, keluh kesah atau persungutan. Jarang sekali ditemukan sorak gembira saat ujian telah dilewati, hal yang paling bisa dilakukan hanyalah bersyukur atau pasrah. Ini hal yang umumnya terjadi dalam keseharian.

Memang seharusnya lembaga pendidikan memikirkan hal ini. Hal apa yang perlu mereka berikan pada siswa, agar mereka setidaknya dibekali tentang pengelolaan ujian kehidupan yang seringkali datang tak terduga.

"Life would never be exciting without problems, they told us who we really are and on what we hold to"

0 write(s) COMMENT(S) here!: