WELCOME! Salam Sejahtera! Senang sekali mendapat kunjungan dari Anda. Berikan komentar Anda di akhir setiap posting (klik link: write your comment here!), komentar Anda sangat berharga bagi saya. Terima Kasih. Please Enjoy...

HOT Search

Loading...

HOT Translate

Two Weeks Before The Final Exam...

>> Friday, April 3, 2009

Minggu depan sekolah kami meliburkan siswa dan guru untuk menghormati hari raya paskah, dan kebetulan juga bertepatan dengan libur pemilu. tepat dua minggu setelahnya para siswa SMA menghadapi UN selama satu minggu.

Saya melihat bahwa hari-hari ini mereka tampak berusaha membahagiakan diri dengan mentertawakan setiap soal-soal Try-Out yang diberikan. Sebagian dari mereka belajar cukup serius dan merelakan waktu bermain mereka hilang. Namun sebagian lagi yang tidak tahan dengan tekanan ini tetap menyediakan waktu untuk bersenang-senang.

Sebagai guru, kami tidak punya pilihan selain terus mendorong mereka untuk terus belajar dengan keras. Hari-hari kerja para guru pembimbing pun bertambah panjang untuk memberikan pemantapan atau drilling. Bahkan beberapa rekan guru saya merelakan waktu liburnya minggu depan untuk tetap datang ke sekolah melakukan pemantapan dengan siswanya.

Semua kesibukan dan pengorbanan ini dilakukan demi sebuah nilai rata-rata UN di atas 5,50 seluruh siswa, guru dan sekolah di Nusantara ini sedang disibukkan dengan perhelatan akbar tahunan ini. Angka-angka yang muncul diharapkan lebih baik dari tahun sebelumnya, demikian kata pemerintah.

Pemerintah mengharapkan rata-rata nilai UN yang lebih baik, sekolah dan guru mengharapkan tingkat kelulusan yang lebih baik, orang tua mengharapkan kecerdasan yang lebih baik, siswa mengharapkan... "yang penting gue lulus!" atas kegiatan akbar ini. Saya berharap pemerintah, sekolah, guru dan siswa tidak berfokus pada kelulusan atau ketidaklulusan, nilai rata-rata yang lebih baik atau buruk tapi pada mutu siswa yang dapat bersaing di lingkup regional maupun global.

5 write(s) COMMENT(S) here!:

henrik masur April 3, 2009 at 1:13 PM  

Hi..Mr Rudy, glad to see you're fine. What a great blog, anyway! well...I'm so much interested in what you wrote about UAN. You seem to be very concerned about your students' preparation.

If I may share what I saw here in my school so far, the students are not as scary as people might think about the upcoming UAN. the students do not get stressed..they still can enjoy their life, just as they used to be. they do not consider UAN as something to be affraid of...a determining step for their future. I myself don't really find out the reasons why my students are SOOOO relaxed...(you know what, I got thinner when I was preparing the so-called UAN 9 years ago..) It's possible they are really well-prepared, or they already found out the "golden bridge"(bit political) to success in UAN,0r they already got their bright future whether or not they pass the test...Or UAN is nothing at all!!!

Wong Bingungan April 3, 2009 at 2:08 PM  

Tes, ribet nggak yah komeng di BS, soalnya mbulet-mbulet sih nggak kayak di WP, aku sebenarnya taumax nih setiap mo komeng di BS, jadi akhirnya lebih senang masuk shoutmixnya ajah. Lam kenyal kembali pakguru, teruskan perjuangan ngeblognya.
Kalau menurutku sih, kalau boleh usul nih ya, upgrade saja blognya ke WP, lebih asyik, mo komeng nggak mbulet-mbulet ampe 8 kali gini, klo di WP mah cuma 4 kali selesai.:D Lagian kalo komeng di BS sering gagal. :roll:

marsudiyanto April 3, 2009 at 5:12 PM  

Met libur, met berjuang agar anak2 kita lulus ujian.

Mr. Freeday April 3, 2009 at 8:34 PM  

just wanna put my mark on your blog.. :D

hamidin krazan April 3, 2009 at 10:46 PM  

SAlam kenal Pak Guru, makasih atas Kunjungan bapak, dan slam sejahtera.